This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Harga Ready Mix Per Kubik 2021

Harga Ready Mix Per Kubik 2021

Percepatan kuantitas infrastruktur memang berdampak pada pesatnya proyek pembangunan dan konstruksi. Terutama pada tingkat menengah hingga menengah ke atas seperti jalan raya dan bangunan bertingkat. Hal tersebut tentu membutuhkan adanya dukungan stok bahan bangunan berkualitas khususnya ready mix. Ready mix sendiri merupakan bahan bangunan dari jenis beton yang sudah diformulasikan khusus dari beberapa campuran komponen dasar dan semen sebagai material pengikat. Umumnya, harga ready mix per kubik 2021 cukup bervariasi di pasaran.

Definisi dan Jenis Beton

Beton merupakan bahan konstruksi yang dimanfaatkan untuk pembangunan dengan susunan berbagai komponen pendukung. Misalnya, semen, gravel, air dan zat adiktif tambahan sebagai bahan pengikat. Beton semen portland menjadi bentuk beton standar yang sering digunakan secara umum. Namun, seiring berkembangnya teknologi, beberapa jenis beton mulai diperkenalkan dan digunakan. Beberapa jenis beton tersebut, yaitu:

1. Beton Cor

Beton cor dibuat dengan mencampurkan serangkaian bahan material yang terdiri dari pasir dalam takaran yang disesuaikan dengan selera pekerja bangunan. Beton cor diolah langsung di lokasi proyek konstruksi sehingga dapat disajikan oleh pekerja bangunan biasa. Dengan kata lain, beton cor tidak memerlukan para ahli khusus di bidang mixing. Alhasil, kualitas beton cor akan berbeda sesuai dengan kemampuan pekerja bangunan dalam mengolah beton. Umumnya, beton cor sering digunakan apabila pekerja bangunan sudah terpercaya dan profesional.

2. Beton Bertulang

Penerapan jenis beton bertulang umumnya menggunakan tulang atau rancangan khusus. Tulang atau rancangan khusus diaplikasikan untuk pembangunan pembuatan rangka konstruksi. Beton bertulang sering disebut dengan reinforced concrete. Contoh beton bertulang, yaitu U ditch, pagar panel, box culvert atau road barrier. Proses pengerjaan beton bertulang dilakukan oleh para ahli karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

3. Ready Mix

Istilah ready mix diperkenalkan untuk jenis beton yang sudah dilakukan proses mixing. Proses tersebut dilaksanakan dengan mencampurkan serangkaian bahan material yang terdiri dari pasir dalam formulasi tertentu. Jenis beton ready mix diproduksi melalui batching plant. Kemudian diolah dengan penambahan bahan kimia atau sering disebut admixture. Selama proses produksi terjadi pengawasan menggunakan operasi komputer modern. Hal inilah yang menjadikan ready  mix banyak digemari dan harga ready mix per kubik 2021 jadi beragam sesuai kualitas.

4. RC Box Culvert

Jenis beton RC box culvert mungkin terdengar asing. Namun, jenis beton ini biasa digunakan hanya untuk proyek konstruksi tertentu. Misalnya dalam pembangunan gorong-gorong atau sistem drainase. RC box culvert termasuk dalam jenis beton precast. Beton jenis ini tidak bisa dikategorikan sebagai beton jenis ready mix atau site mix. Hal tersebut karena beton jenis ini dibuat langsung di pabrik dengan jenis frame khusus sehingga tidak dilakukan pengeringan atau pengerasan lagi. Bentuk frame kubus sering difungsikan sebagai pondasi jembatan.

5. Beton Instan

Beton instan disebut juga dengan beton pra cetak. Seperti namanya, beton instan mampu diaplikasikan dengan lebih praktis dan efisien. Terutama jika terkait masalah waktu dan jumlah tenaga kerja. Walaupun sebenarnya beton instan sangat menantang dalam proses penyambungan. Hal tersebut karena proses penyambungan beton tidak mudah. Oleh sebab itu para kontraktor sering menggabungkan beberapa jenis beton dalam satu proyek pembangunan. Selain itu, penyambungan juga harus menggunakan pekerja bangunan yang profesional.

6. Beton Non Struktural

Beton non struktural merupakan beton yang dalam proses pengecoran tidak mengandung unsur struktural secara langsung. Unsur struktural tersebut seperti besi yang digunakan sebagai bahan penulang dari beton. Jadi beton non struktural bisa diaplikasikan dengan dituangkan langsung.

7. Beton Struktural

Beton struktural merupakan beton yang dalam proses pengecoran mengandung unsur struktural seperti besi. Unsur struktural ini akan diaduk bersama beton. Kemudian proses pengecoran juga mencakup pembesian dan pengecoran itu sendiri. Selain itu, dalam proses pengecoran perlu dipersiapkan penulangannya dengan penyusunan struktur baja, bekisting beton, finishing beton, pondasi beton dan pasangan bata.

8. Beton Prategang

Beton prategang merupakan kombinasi antara beton dan baja. Hal tersebut karena beton memiliki daya tarik yang rendah sedangkan baja memiliki daya tarik sangat tinggi. Oleh sebab itu ketika dikombinasikan akan menghasilkan beton dengan struktur yang kuat terhadap beban tekanan dan tarikan. Bahkan bisa disebut dengan heavy duty tinggi.

Kebutuhan Proyek Konstruksi Terhadap Ready Mix

Ready mix telah menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat dibutuhkan dalam proyek konstruksi. Penggunaan ready mix dianggap paling aplikatif karena terbuat dari campuran bahan pasir yang diformulasikan secara khusus. Selain itu, ready mix termasuk dalam jenis beton siap pakai. Hal tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pembangunan. Bahkan formulasi ready mix dibuat sesuai permintaan pesanan sehingga dapat langsung memenuhi kebutuhan proyek konstruksi secara khusus. Harga ready mix per kubik 2021 juga ikut menjadi pertimbangan.

Ready mix memiliki struktur kuat dan kokoh karena dihasilkan dari campuran adukan semen, pasir, split dan beberapa material halus yang sudah dirancang secara khusus. Proses pembuatan ready mix juga tergolong menarik. Pasalnya, ready mix diproduksi di batching plant dengan pengawasan sistem operasi komputer. Maka tidak heran jika mutu kualitas ready mix tetap terjaga setiap kali diproduksi.

Beberapa proyek konstruksi yang membutuhkan penggunaan ready mix, yaitu bangunan bertingkat, jalan raya baik jalan antar desa maupun antar provinsi, landasan pesawat dan bangunan bandara, serta alas dasar bangunan yang bersentuhan langsung dengan tanah. Setiap tingkatan proyek konstruksi mempunyai klasifikasi mutu kualitas tertentu yang mampu disediakan oleh ready mix.

Pemilihan mutu kualitas ready mix sesuai proyek konstruksi

Ready mix diolah dari setiap bahan material yang dicampurkan dalam kadar takaran yang tepat sesuai permintaan pesanan. Sehingga sudah dapat dipastikan hasil produk ready mix memiliki mutu kualitas yang terjamin. Industri ready mix juga selalu berupaya untuk membuat proses pengolahan di batching plant berada dekat dengan proyek konstruksi. Hal tersebut agar mutu kualitas ready mix tetap terjaga. Khususnya bagi proyek konstruksi berskala besar yang menuntut efisiensi target waktu penyelesaian pembangunan.

Pada umumnya, bangunan batching plant diletakkan dalam radius yang mampu menjangkau seluruh areal proyek konstruksi. Bangunan batching plant tersebut dianggap menjadi faktor penting dalam memproduksi ready mix dengan mutu kualitas terbaik. Mutu kualitas inilah yang menyesuaikan dengan tingkatan proyek konsruksi. Misalnya, proyek konstruksi perumahan membutuhkan mutu kualitas ready mix mulai dari rendah, sedang hingga kuat dan halus. Proyek konstruksi perumahan tentu harus membedakan ready mix untuk bangunan rumah, jalan atau sistem drainase.

Kualifikasi Mutu Kualitas Ready Mix

Kebutuhan proyek kontruksi yang beragam memang menuntut adanya spesifikasi mutu kualitas ready mix tertentu secara khusus. Terlebih pembangunan yang dilakukan harus optimal antara biaya dan kualitas hasil konstruksi. Tentu para kontraktor harus bijak dan jeli memperhitungkan harga ready mix per kubik 2021 dengan pilihan mutu kualitas ready mix. Beberapa mutu kualitas ready mix, yaitu sebagai berikut.

1. Ready Mix Klass B-0

Ready mix klass B-0 merupakan pilihan ready mix terendah dengan kualitas tekstur kasar dan kadar takaran semen rendah. Mutu kualitas ready mix klass B-0 termasuk dalam kategori beton non struktural. Ready mix klass B-0 diaplikasikan sebagai dasar bangunan untuk pelapis pertama yang langsung bersentuhan dengan permukaan tanah. Mutu kualitas klass B-0 membantu mengeraskan struktur tanah sehingga alas bangunan menjadi rata dan tidak mudah amblas. Sifat ready mix klass B-0 lainnya, yaitu sulit untuk dilakukan finishing secara halus.

2. Ready Mix K-125, K-175 dan K-200

Ready mix K-125, K-175 dan K-200 memiliki tekstur kasar yang hampir mirip dengan klass B-0. Mutu kualitas ready mix K-125, K-175 dan K-200 termasuk dalam kategori beton non struktural. Namun, mutu kualitas ready mix ini masih mempunyai sifat mudah dilakukan finishing secara halus. Walaupun dengan catatan, memerlukan waktu lebih banyak. Ready mix K-125, K-175 dan K-200 diaplikasikan untuk pembuatan jalan kecil atau pengecoran non struktural jalan. Hal tersebut karena sifatnya kurang kokoh dan hanya mampu menahan bobot ringan.

3. Ready Mix K-225, K-250, K-275 dan K-300

Ready mix K-225, K-250, K-275 dan K-300 diaplikasikan dalam pengecoran bangunan baik struktural maupun non struktural. Mutu kualitas ready mix K-225, K-250, K-275 dan K-300 termasuk dalam kategori beton struktural. Umumnya, ready mix dengan mutu kualitas seperti ini dimanfaatkan pada bangunan rumah bertingkat dan jalan antar kabupaten. Hal tersebut karena mutu kualitas ready mix ini sudah masuk dalam kategori sifat cukup kuat.

4. Ready Mix K-350, K-375 dan K-400

Ready mix K-350, K-375 dan K-400 memiliki mutu kualitas lebih baik. Mutu kualitas ready mix K-350, K-375 dan K-400 termasuk dalam kategori beton prategang. Umumnya, mutu kualitas ready mix ini diaplikasikan sebagai bahan bangunan pengecoran non struktural pada skala lebih besar. Misalnya jalan provinsi, jalan tol atau bandara. Tidak jarang juga diaplikasikan dalam proyek konstruksi bangunan kolam renang. Hal tersebut karena sifat dari mutu kualitas ini mampu menahan bobot yang berat.

5. Ready Mix K-450 dan K-500

Ready mix K-450 dan K-500 termasuk kategori mutu kualitas tinggi. Mutu kualitas ready mix K-450 dan K-500 termasuk dalam kategori beton prategang. Umumnya, diaplikasikan dalam proyek konstruksi yang membutuhkan daya intensitas bobot sangat besar. Tentu saja sifatnya yang heavy duty tepat sekali sebagai bahan bangunan jalan di kawasan industri maupun landasan pesawat. Jadi jangan heran jika harga ready mix per kubik 2021 untuk jenis mutu ini dianggap mahal karena sesuai dengan kualitas.

Ketentuan Harga Ready Mix

Penjualan Beton readymix dapat dihitung berdasarkan satuan per kubik. Selain itu, harga juga bisa dihitung berdasarkan satuan setiap truk molen dengan isian sekitar tujuh meter kubik. Umumnya, harga yang ditawarkan sudah termasuk pajak PPN sebesar 10%. Bahkan terdapat keterangan harga yang sudah termasuk dalam ketentuan sebagai berikut:

  1. Adanya jalan yang layak, keamanan polisi dan masyarakat lokal yang menjadi tanggung jawab pembeli sehingga truk molen dapat menuju area proyek konstruksi tanpa hambatan 
  2. Pembeli menanggung harga pembelian bahan adiktif kimia yang ditambahkan dalam campuran beton 
  3. Survei lokasi diadakan sebelum berlangsungnya proses pengecoran 
  4. Pembayaran diselesaikan sebelum berlangsungnya proses pengecoran 
  5. Pemesanan dikonfirmasi sekurang-kurangnya 1-2 hari sebelum belangsungnya proses pengecoran 
  6. Harga sudah termasuk besarnya slump sekitar 12 cm (±2 cm).

Daftar Harga Ready Mix Per Kubik 2021

Berikut ini daftar Harga Ready Mix Per Kubik Terbaru 2021, yaitu:
Harga Ready Mix Per Kubik 2021

NO

MUTU / KLAS

SLUMP

HARGA

1

Harga Ready Mix

K-B0

12 ± 2

Rp.740.000 /m3

2

Harga Ready Mix

K-175

12 ± 2

RP.825.000 /m3

3

Harga Ready Mix

K-200

12 ± 2

Rp.840.000 /m3

4

Harga Ready Mix

K-225

12 ± 2

Rp.855.000 /m3

5

Harga Ready Mix

K-250

12 ± 2

Rp.900.000 /m3

6

Harga Ready Mix

K-275

12 ± 2

Rp.950.000 /m3

7

Harga Ready Mix

K-300

12 ± 2

Rp.975.000 /m3

8

Harga Ready Mix

K-350

12 ± 2

Rp.1.030.000 /m3

9

Harga Ready Mix

K-400

12 ± 2

RP.1.245.000 /m3

10

Harga Ready Mix

K-450

12 ± 2

RP.1.250.000 /m3

11

Harga Ready Mix

K-500

12 ± 2

RP.1.300.000/m3

Distributor Ready Mix

Distributor ready mix di perkotaan sudah menjadi sasaran proyek konstruksi yang paling berkembang pesat. Namun, distributor ready mix juga dapat ditemui di berbagai wilayah seperti distributor Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang banten,Sumatra dan Lampung. Keberadaan distributor di daerah tentu membuat harga ready mix per kubik 2021 lebih terjangkau. Apalagi laju pembangunan tinggi menyebabkan permintaan terhadap ready mix ikut meningkat.

Walaupun Anda juga harus memperhatikan pemilihan distributor ready mix yang terpercaya dan berkualitas. Mulai dari bahan material beton berkualitas, spesifikasi beton sesuai kebutuhan konstruksi, area pabrik menjangkau lokasi proyek konstruksi, pengerjaan sesuai target waktu yang ditentukan dan harga ready mix terjangkau sesuai kualitas. Anda bisa melakukan pemesanan di AchaziaBrigit. Kami merupakan perusahaan penyedia ready mix terpercaya dan berkualitas dengan distributor yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Itulah ulasan terkait harga ready mix per kubik 2021. Anda bisa segera memutuskan untuk memilih ready mix yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi dan mutu kualitas dengan tepat. Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga menarik dengan berbelanja langsung di www.achaziabrigit.com. Produk ready mix sudah tentu terjamin kualitas sehingga menghasilkan konstruksi terbaik bagi Anda.

Untuk informasi lengkapnya maka Anda bisa menghubungi kami untuk memperjelas informasi yang ada di website ini.